Jenis – Jenis Papan Arduino

Loading...
Loading...

Apakah kamu salah satu pengguna Arduino? atau belum mengetahui apa itu Arduino ? . Seperti yang kita ketahui Arduino sendiri adalah salah satu alat / hardware yang dapat digunakan sebagai mikrokontroler. Arduino dapat dibuat menjadi berbagai macam project, sehingga terdapat berbagai jenis Papan Arduino yang diproduksi dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Ada berbagai macam versi Arduino, tentu saja disesuaikan dengan fungsi dan tujuan penggunanya. Kalau kalian belum tahu apa saja jenis Arduino ,atau kalian berniat membuat project menggunakan Arduino, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis – jenis Arduino yang ada agar tidak terjadi kesalahan saat membeli arduino. Saat ini ada bermacam-macam bentuk Papan Arduino yang disesuaikan dengan antarmuka pemrograman dan peruntukannya, seperti berikut ini:

A.   Arduino USB

Arduino USB adalah arduino yang menggunakan USB sebagai antarmuka pemrogramannya. Jadi untuk memrogram Arduino ini cukup dengan menghubungkannya ke port USB komputer. Ada beberapa versi Arduino USB ini, contohnya :

  1. Papan Arduino Uno
  2. Papan Ardunio Leonardo
  3. Papan Arduino Duemilanove
  4. Papan Arduino Intel Galileo
  5. Papan Arduino Mini
  6. Papan Arduino Nano R3
  7. Papan Arduino Pro Micro AT
  8. Papan Arduino Mega 2560
  9. Papan Arduino Mega ADK
  10. Papan Arduino Esplora
  11. Papan Arduino Lilypad

 

1. Papan Arduino Uno

Papan_Arduino_UNO__

    1. Papan Arduino Uno adalah salah satu jenis Arduino yang paling banyak digunakan. Terutama untuk pemula sangat disarankan untuk menggunakan Papan Arduino Uno. Banyak sekali referensi yang membahas Papan Arduino Uno. Versi yang terakhir adalah Arduino Uno R3 (Revisi 3), menggunakan ATMEGA328 sebagai Microcontrollernya, memiliki 14 pin I/O digital (dimana 6 dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, resonator keramik 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Untuk pemograman cukup menggunakan koneksi USB type A to To type B. Sama seperti yang digunakan pada USB printer.
2. Papan Ardunio Leonardo

ARDUINO_LEONARDO_

Papan Arduino Leonardo adalah papan mikrokontroler berdasarkan ATmega32u4 (lihat datasheet). Bisa dibilang Papan Arduino Leonardo adalah saudara kembar dari Papan Arduino Uno. Dari mulai jumlah pin I/O digital dan pin input Analognya sama. Hanya pada Papan Arduino Leonardo menggunakan Micro USB untuk pemogramannya.

Leonardo berbeda dari semua Papan Arduino sebelumnya bahwa ATmega32u4 telah built-in USB komunikasi, menghilangkan kebutuhan untuk prosesor sekunder. Hal ini memungkinkan Papan Arduino Leonardo tampil sebagai komputer yang terhubung sebagai mouse dan keyboard, selain virtual (CDC) serial / COM port. Papan Arduino Ini juga memiliki implikasi lain untuk perilaku modul.

3. Papan Arduino Duemilanove

Arduino_Duemilanove_

Papan Arduino Duemilanove adalah papan mikrokontroler berdasarkan ATmega168 (lihat datasheet) atau ATmega328 (lihat datasheet). Memiliki 14 digital input / output pin (dimana 6 digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, osilator kristal 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Untuk pemograman cukup menggunakan koneksi USB type A to To type B. Sama seperti yang digunakan pada USB printer.

"Duemilanove" berarti tahun 2009 dalam bahasa Italia dan diberi nama setelah tahun peluncurannya. Duemilanove adalah yang terbaru dalam rangkaian papan Arduino USB; untuk perbandingan dengan versi sebelumnya, lihat indeks Papan Arduino.

4. Papan Arduino Intel Galileo

intel_galileo_gen_2

Papan Arduino Galileo adalah papan mikrokontroler berdasarkan Intel ® Quark SoC X1000 Application Processor, 32-bit sistem Pentium-kelas Intel pada sebuah chip (lihat datasheet). Papan Arduino ini adalah papan pertama berdasarkan arsitektur Intel ® dirancang untuk menjadi hardware dan software pin-kompatibel dengan shield Arduino dirancang untuk Arduino Uno R3. Memiliki Digital pin 0-13 (dan AREF berdekatan dan pin GND), Analog input 0 sampai 5, header listrik, ICSP header, dan pin port UART (0 dan 1), semua di lokasiyang sama seperti pada Arduino Uno R3. Hal ini juga dikenal sebagai Arduino 1.0 pin out.

Papan Arduino Galileo dirancang untuk mendukung shield yang beroperasi di kedua tegangan  3.3V atau 5V. Tegangan operasi inti Galileo adalah 3.3V. Namun, jumper di board memungkinkan terjemahan tegangan 5V di pin I / O. Hal ini memberikan dukungan untuk 5V shield Uno dan perilaku default. Dengan beralih posisi jumper, terjemahantegangan dapat dinonaktifkan untuk menyediakan operasi 3.3V di pin I / O. Tentu saja, Papan Arduino  Galileo juga perangkat lunak yang cocok dengan Arduino Software Development Environment (IDE), yang membuat kegunaan dan pengenalan snap. Selain hardware Arduino dan kompatibilitas software Arduino.

5. Papan Arduino Mini

Pro Mini Arduino

Sepertinya namanya, Mini yang berukulan kecil dan sangat sederhana ini, Papan Arduino Mini menyimpan banyak fasilitas. Memiliki 14 Pin I/O Digital, dan 8 Pin input Analog (lebih banyak dari Uno). Selain itu Papan Arduino Mini ada yang menggunakan ATMEGA168, atau ATMEGA328. ukurannya hanya 30 mm x 18 mm saja.

6. Papan Arduino Nano R3

Arduino-Nano-R3

    1. Fasilitasnya sama dengan yang dimiliki Papan Arduino Mini.Papan Arduino Nano R3 dilengkapi dengan FTDI untuk pemograman lewat Micro USB. 14 Pin I/O Digital, dan 8 Pin input Analog (lebih banyak dari Uno). Selain itu Papan Arduino Mini ada yang menggunakan ATMEGA168, atau ATMEGA328.
7. Papan Arduino Pro Micro AT

PAPAN_ARDUINO_MICRO_2_1
Papan Ardiono Pro Mikro AT memiliki ukuran yang lebih panjang dari Nano dan Mini. Karena memang fasilitasnya lebih banyak yaitu; memiliki 20 pin I/O digital dan 12 pin input analog.

8. Papan Arduino Mega 2560

Arduino-Mega-2560-R3

  1. Papan Arduino Mega 2560 mirip dengan Arduino Uno, sama-sama menggunakan USB type A to B untuk pemogramannya. Tetapi Arduino Mega, menggunakan Chip yang lebih tinggi ATMEGA2560. Dan tentu saja untuk Pin I/O Digital dan pin input Analognya lebih banyak dari Papan Arduino Uno (dimana 15 dapat digunakan sebagai output PWM), 16 analog input, 4 UART (hardware port serial), osilator kristal 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset.
9. Papan Arduino Mega ADK

ARDUINOADK_R3

Papan Arduino MEGA ADK adalah Papan Arduino berdasarkan mikrokontroler ATmega2560 (lihat datasheet). Memiliki antarmuka USB untuk terhubung dengan ponsel berbasis Android, berdasarkan MAX3421e IC. Ini memiliki 54 digital pin input / output (dimana 15 dapat digunakan sebagaioutput PWM), 16 analog input, 4 UART (hardware port serial), osilator kristal 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Arduino MEGA ADK berdasarkan Arduino Mega 2560 mirip dengan Mega 2560 dan Uno, Papan Arduino ini memiliki sebuah ATmega8U2 diprogram sebagai konverter USB-to-serial. Revisi ke 2 dariboard ADK memiliki resistor garis 8U2 HWB, sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam mode DFU.

10. Papan Arduino Esplora

Arduino Esplora
Papan Arduino Esplora adalah Papan Arduino yang di rekomendasikan bagi kalian yang mau membuat gadget sepeti Smartphone, karena sudah dilengkapi dengan Joystick, button, dan sebagainya. Kamu hanya perlu tambahkan LCD, untuk lebih mempercantik Esplora.

11. Papan Arduino Lilypad

LilyPad-Arduino

Papan Arduino Lilypad adalah Papan Arduino yang didesain dengan bentuk melingkar. Tujuannya adalah agar fleksibel dapat aplikasikan pada perangkat yang dapat dikenakan / wearable. Papan Arduino Lilypad dapat dipakai untuk membuat projek unik. Seperti membuat arc reactor iron man misalkan. Hanya saja versi lamanya menggunakan ATMEGA168, tapi masih cukup untuk membuat satu projek keren. Dengan 14 pin I/O digital, dan 6 pin input analognya.

 

B. Arduino Serial

Arduino_Serial @adysetyo.com

Arduino tipe serial menggunakan RS232 sebagai antarmuka pemrogramannya / untuk berkomunikasi dengan komputer. Dengan kata lain untuk dapat memprogram Arduino tipe ini, kita harus mempunyai Port RS232 di komputer. Contohnya Arduino Serial dan Arduino Serial v2.0
C. Arduino FIO

Arduino_Fio

Arduino FIO adalah mikrokontroler Arduino yang ditujukan untuk penggunaan nirkabel. Arduino FIO ini menggunakan ATmega328P sebagai basis kontrolernya.

D. Arduino BT

Arduino_BT

Arduino BT adalah mikrokontroler Arduino yang didalamnya terdapat modul Bluetooth untuk komunikasi nirkabel.

arduino.cc

Loading...